KOMPUTER ARSITEKTUR ONLINE

7 08 2009

Metoda Kegiatan

Pola pikir metoda pengajaran baru komputer arsitektur berdasarkan atas dasar keaktifan mahasiswa sendiri.  Dosen bersifat sebagai fasilitator, di awal perkuliahan tetap memberikan pembekalan awal  akan tetapi selanjutnya memiliki posisi sama dengan mahasiswa sebagai pihak yang sejajar untuk memngembangkan materi awal, pengembangan materi dapat dilakukan dengan mudah dengan exchange literatur , pengembangan software baru dan  informasi baru yang didapatkan oleh semua pihak dari bermacam media. Dengan memposisikan pengajar dan mahasiswa menjadi satu level diharapkan adanya komunikasi yang lebih baik yang berarti sirkulasi transformasi dapat berjalan lebih baik pula.

Metoda kuliah ini terbentuk harus dengan adanya suatu komunitas belajar bersama dalam sebuah web forum group yang berarti bahwa dosen dan mahasiswa berada dalam satu kelompok diskusi  dengan media web site sebagai sarana komunikasi.  Gambar 2 menjelaskan posisi dosen bersifat sebagai host atau moderator yang dapat bersifat sebagai sumber data sekaligus penerima data, dalam hal ini dosen berarti memberikan bahan perkuliahan melalui upload video tutorial pada web forum atau pada salah satu mahasiswa. Sebuah data yang sudah di upload/ ditampilkan langsung dapat dibaca, didownload oleh mahasiswa siapa saja , dimana saja, tanpa batas waktu untuk mendapatkan data tersebut. Data video tutorial yang sudah diterima bisa langsung dipraktekkan  menggunakan komputer masing-masing (dimanapun juga) dan apabila ada pertanyaan antara masing-masing pihak, semua pihak dapat secara langsung mengetahui dan memberi jawaban secara simultan. Dengan komunitas belajar ini data dan komunikasi dapat berjalan sangat cepat dan ilmu yang didapatkan juga lebih banyak dibandingkan dengan komunikasi searah atau dua arah yang dipakai dalam metoda pembelajaran lama. Komunikasi antar anggota (dosen -mahasiswa) ini dapat dilakukan kapanpun dan dimanapaun dengan bermacam-macam media yang sudah ada sekarang.

Dalam aplikasi ini dibutuhkan minimal dua sarana utama yaitu sarana komunikasi (handphone) dan PC atau personal komputer. Dari dua jenis alat tersebut sebagian besar mahasiswa sudah memilikinya.  Untuk jaringan internet dapat mempergunakan jaringan internet gratis di kampus unud di bukit maupun jimbaran, di free hot spot di bali dan ataupun menggunakan 3g hsdpa internet connection access dari handphone masing-masing. Dengan metoda ini belajar sendiri menjadi lebih mudah karena data mudah didapat dan proses diskusi dapat dilakukan dengan cepat dan relatif lebih murah.

9


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: